Belasan Tim Bersaing dalam Grand Final Muria Scientific Competition

15 tim dari 15 universitas terpilih sebagai finalis grand final Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional Muria Scientific Competition yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa Komunitas Mahasiswa Kreatif (UKM KMK) Universitas Muria Kudus.

Sebelumnya, ada 116 tim dari 36 Perguruan Tinggi yang tersebar di 11 Provinsi  terdaftar dalam lomba tersebut.

Setelah dilakukan seleksi oleh juri, akhirnya 15 tim dinyatakan lolos menjadi finalis grand final lomba Muria Scientific Competition. Sebelumnya, peserta mengirimkan paper yang akan diikutsertakan. “dari 116 paper yang mendaftar, Juri langsung melakukan seleksi administrasi dan seleksi substansi paper”. kata Ketua Ketua Panitia MSC Fitri Rachmawati saat memberikan sambutan lomba di ruang seminar lantai 4 UMK, Sabtu (20/4/2019).

Setelah dilakukan seleksi, dipilih 15 paper yang terbaik untuk melakukan paparan di UMK, dihadapan juri langsung. Selanjutnya baru dilakukan penentuan siapa yang berhak menjadi juara.

Setelah melalui proses yang panjang, dewan juri memutuskan untuk Juara 1 diraih oleh Universitas Diponegoro dengan judul ‘Portable Milk Can Refrigerator (Picar): Teknologi Penyimpanan Susu Sapi Moeria Kudus Menggunakan TEC (Thermoelectric Cooler) dengan Kontroler Pid Terintegrasi Lampu UV sebagai Antibakteri Bertenaga Surya’.

Untuk Juara 2 diraih oleh Institut Pertanian Bogor dengan judul ‘Koncokelas: Aplikasi Video Pembelajaran Berbasis Animasi untuk Tuna Rungu dalam Mewujudkan Sustainable Education di Indonesia’.

Sedangkan Juara 3 diraih oleh Universitas Tanjungpura dengan judul ‘Senter Efektive (Super Antibacterial Edible Film Kmk-Pati Mangrove): Biofilm Antibakteri untuk Menjaga Kualitas Produk Ekspor Hasil Laut Indonesia’.

Sementara untuk Juara Harapan 1 diraih oleh Universitas Gadjah mada dengan judul ‘Penerapan Teknologi Blockchain sebagai Inovasi Pembiayaan Insfrastruktur Berbasis Crowdfunding’.

Untuk Juara Harapan 2 diraih oleh Universitas Brawijaya dengan judul ‘Metric (Molasses For Electric) Pemanfaatan Limbah Molase Sebagai Sumber Listrik Alternatif Berbasis Microbial Fuel Cells (Mfcs) Terintegrasi Iot’.

Sedangkan Juara Harapan 3 diraih oleh Universitas Negeri Semarang dengan judul ‘Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Sociopreneurship melalui Integreted Farming System Based Pesantren Sebagai Solusi Daya Saing’

Untuk penghargaan Best Poster diraih oleh Universitas Muria Kudus, Best Paper diraih oleh Universitas Methodist Indonesia dan Best Presentation diraih oleh Telkom University

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor III UMK Rohmad Winarso, M.T mengapresiasi seluruh peserta yang sudah berpartisipasi dalam Grand Final MCS Tahun 2019. Kegiatan tersebut  sangat positif karena Sesuai dengan visi UMK yang memegang teguh kearifan lokal.

“Kegiatan lomba MSC ini tentu sangat bermanfaat dalam mengembangkan softskill mahasiswa khususnya dalam bidang penalaran. Dalam setiap lomba pasti ada yang menang dan ada yang belum menang, tetap semangat dan jangan pernah menyerah”. jelasnya

Didalam penutupnya Rochmad winarso menyampaikan salam hormat kepada seluruh pimpinan Perguruan tinggi dan dosen pembimbing peserta grand final MSC tahun 2019.