Mahasiswa UMK Berpeluang Meraih Beasiswa BI

Kabar menarik bagi Universitas Muria Kudus (UMK). Karena mulai tahun ini, mahasiswa UMK berpeluang untuk meraih beasiswa dari Bank Indonesia (BI).

Hal itu terungkap dari kunjungan 4 (Empat) pegawai perwakilan Bank Indonesia yang datang melakukan assesment di UMK hari Kamis (11/04/2019) dan juga menyampaikan beberapa persyaratan serta pengambilan dokumen khusus sebagai tahap awal assesment Program Bantuan Beasiswa Pendidikan dari Bank Indonesia.

Bertempat di Ruang Rapat Yayasan Lantai 2 Gedung Rektorat, Pimpinan UMK dan jajaran Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan masing-masing fakultas hadir untuk menyampaikan paparannya dihadapan Bank Indonesia dan mahasiswa.

Rektor UMK, Dr. Suparnyo, M.S. menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran perwakilan dari Bank Indonesia ke kampus UMK, beliau juga menyampaikan kondisi Mahasiswa yang banyak memiliki latar belakang kurang mampu dengan prestasi yang tinggi. Tentunya, dengan kondisi demikian mereka membutuhkan bantuan dana untuk proses perkuliahan.

”Semoga dengan kedatangan tim dari BI Pusat, membawa hasil yang sangat diharapkan oleh mahasiswa yang membutuhkan beasiswa. Dengan Beasiswa dari BI nantinya akan pula sangat menunjang kelancaran mahasiswa kami dalam meningkatkan perkuliahannya,” ucapnya

Dalam assesment tersebut, pihak BI Pusat juga menilai UMK dari berbagai aspek. Antara lain, aspek legalitas lembaga, diantaranya dibidang akademik harus memiliki izin operasional program studi dan jumlah mahasiswa yang mengikuti kuliah 1.000 orang, sarana dan prasarana juga akan dinilai. Selain itu bagi mahasiswa yang ingin mengikuti beasiswa BI, syaratnya memiliki IP minimal 3,25.

“UMK merupakan PTS kedua yang dilakukan assesment pada tahun 2019. Ada kurang lebih 80 PTS yang mengajukan beasiswa Bank Indonesia akan tetapi yang dilakukan assesment hanya 20 PTS”, ucap Agus Trianto selaku perwakilan dari Departemen Komunikasi BI Pusat.

Dengan beasiswa BI nantinya setiap mahasiswa akan mendapatkan Rp. 1.000.000 setiap bulannya dalam jangka waktu satu tahun.