Membanggakan, Mahasiswa UMK Raih Gold Medal Di Malaysia

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria Kudus (UMK) Linda Novidana
menyabet gold medal dalam gelaran International Student Affairs Invention, Innovation and Design Competition (I-SAIID) 2019 di Malaysia pada Selasa (26/03). Kompetisi yang mengusung tema “Surging Ahead Through Creativity” ini diadakan oleh Universiti Teknologi Mara dan diikuti oleh mahasiswa se-Asia.

Linda diberikan penghargaan tersebut setelah menemukan alat yang dinamakan Information Accident Vihicle (Inacle) System.

Ide pembuatan alat tersebut memuncul didasarkan atas keprihatinannya terhadap korban kecelakaan lalu lintas yang tidak membawa identitas sehingga sulit untuk menghubungi keluarga yang bersangkutan.

Dari situlah muncul ide bagaimana jika membuat alat yang bisa dipasang dikendaraan dan akan mengirimkan pesan secara otomatis ke orang tua, rumah sakit atau lainnya ketika terjadi kecelakaan.

Menurutnya, alat tersebut sebenarnya sangat sederhana, semua komponen sudah ada. Memang yang mahal adalah idenya, sehingga untuk mendapatkan ide butuh kejelian. ”Saya sendiri jurusan Sistem Informasi, dalam tim ada dari jurusan mesin, elektro dan lainnya, sehingga tim ini digabungkan,” imbuhnya.

Setelah berhasil memenangkan kompetisi I-SAIID 2019,dirinya semakin termotivasi untuk mengikuti lomba-lomba yang lain, baik di luar negeri maupun dalam negeri.