Siapkan Tim PKM Lolos Pendanaan Dikti, UMK Gelar Konsolidasi

Kemahasiswaan UMK menggelar kegiatan Konsolidasi PKM yang lolos pendanaan Dikti tahun 2019, Sabtu (13/04/2019). Kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti Pengumuman hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) telah diterima sejak Selasa (20/03/2019).

Kegiatan konsolidasi bertujuan untuk mengumpulkan para perwakilan anggota dari 19 tim yang lolos seleksi. Selain itu juga untuk memberi mereka pandangan dalam menyiapkan monev hingga Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang akan dihadapinya.

Wakil Rektor III UMK, Rochmad Winarso, M.T menjelaskan bahwa dalam rangka menindaklanjuti hasil seleksi proposal PKM tersebut, Kemahasiswaan UMK akan memberikan dana talangan. Sehingga tidak ada alas an untuk menunda kegiatan PKM dikarenakan belum turunnya dana PKM dari Dikti.

“Bidang Kemahasiswaan akan memberikan dana talangan dengan jumlah 2 juta rupiah dan bisa langsung diambil setelah kegiatan konsolidasi PKM ini”. ungkapnya.

Dana talangan ini digunakan untuk melaksanakan kegiatan masing-masing tim PKM. Dengan dilaksanakannya kegiatan PKM tersebut, maka mahasiswa juga dapat sesegera mungkin menyelesaikan catatan harian, laporan kemajuan dan laporan akhir yang wajib di unggah ke Dikti serta memiliki waktu lebih untuk mengoreksinya terlebih dahulu.

Dia juga menambahkan bahwa UMK juga telah membuatkan program pembinaan bagi tim PKM yang lolos pendanaan. Program tersebut dibuat dengan harapan agar para tim yang berhasil lolos seleksi pendanaan Dikti tersebut juga dapat lolos seleksi PIMNAS tahun 2019.

“Beberapa program telah kami susun, salah satunya kegiatan konsolidasi. Setelah ini, program pembinaan akan terus berlanjut. Sehingga nanti tim PKM UMK yang bisa lolos dalam seleksi PIMNAS bertambah, Kalau tahun kemarin lolos 3 tim, mudah-mudahan tahun ini minimal 5 tim atau 8 tim bisa berangkat ke PIMNAS,” tuturnya.

Rochmad Winarso juga menambahkan bahwa UMK akan memberikan penghargaan bagi yang berhasil lolos di PIMNAS. Pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya dari UMK untuk memberi semangat dan motivasi kepada seluruh tim untuk bersaing dalam ajang bergengsi tingkat nasional itu.