Kalender Edukasi Keuangan Karya Mahasiswa UMK Sabet Juara di Ajang ISTEC 202

Inovasi pemanfaatan kalender untuk meningkatkan literasi keuangan pada anak-anak karya mahasiswa UMK berhasil meraih medali perunggu dalam ajang International Science, Technology and Engineering Competition (ISTEC). Bandung 13-16 Januari 2020.

Tim yang beranggotakan Lailatul Mukharomah Permatasari (Akuntansi), Ema Elyana (Akuntansi), Niken Meika Cahyani (Manajemen) mengembangkan inovasi kalender yang dinamakan “FINTAR (Financial Education Calendar)”

Ide pembuatan pembuatan Financial Education Calendar dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman nilai-nilai literasi keuangan sedini mungkin pada anak akan sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan pengetahuan tentang literasi keuangan dan juga tingkat kesejahteraan di masa yang akan datang. Rendahnya literasi keuangan ini berdampak pada tingginya potensi komplain terhadap produk perbankan atau lembaga jasa keuangan.

Sebagai tim yang mewakili UMK, Lailatul Mukharomah mengungkapkan, setiap tim diberikan stan dan memasang poster untuk memamerkan produknya semenarik mungkin. Lalu juri akan memberikan penilaian kepada masing-masing produknya. “kebetulan kita dapat juri kategori lomba kami dari Afrika Selatan dan Thailand,” ungkapnya.

Mahasiswi kelahiran jepara ini juga memaparkan bahwa persiapan menuju kompetisi ISTEC tidaklah mudah. “Proses pembuatan kalender terdapat beberapa tantangan, diantaranya adalah masalah desain kalender yang harus disesuaikan dengan usia anak-anak” ucapnya.

Acara ISTEC sendiri diikuti para peserta dari 14 negara. Selain Indonesia, peserta lainnya antara lain berasal dari Srilanka, Vietnam, Pakistan, Brazil, Oman, Thailand, Turkey, Paraguay, Egyp, South Africa, Malaysia, Filiphina, dan Turkmenistan. (ed/MAWA)