Pendaftaran Bantuan UKT/SPP Mahasiswa Melalui Program KIP Kuliah bagi Semester 3, 5 dan 7 Tahun 2020

BANTUAN UKT/SPP MAHASISWA MELALUI PROGRAM KIP KULIAH BAGI SEMESTER 3,5 DAN 7 TAHUN 2020

Diberitahukan kepada segenap mahasiswa Universitas Muria Kudus, bahwa KEMENDIKBUD membuka pendaftaran bantuan UKT/SPP Mahasiswa melalui KIP Kuliah bagi semester 3, 5 dan semeter 7 tahun 2020. Bahwa beasiswa tersebut diprioritaskan untuk mahasiswa yang benar-benar terdampak Covid 19

Persyaratan:

  1. Dibuka untuk semua mahasiswa program D4 dan S1 regular, khusus FAI penetapan bantuan KIP-Kuliah dari Kemenag pada bulan Agustus melalui Fakultas.
  2. Mahasiswa yang orangtua/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi covid-19 dan tidak sanggup membayar UKT/SPP semester gasal tahun akademik 2020/2021 dengan ketentuan sebagai berikut:
    a) Prioritas pada mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga  pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau mahasiswa dari keluarga dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp. 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau jika dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp.750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per anggota keluarga;
    b) Mahasiswa membuat surat pernyataan bermeterai bahwa orangtua/wali/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi covid-19 dan mencantumkan narahubung orangtua/wali
    c) Mahasiswa yang tidak sedang dibiayai oleh Program Bidikmisi, HAFIDZ, Beasiswa Unggulan,Beasiswa Bank Indonesia atau program beasiswa lainnya yang membiayai UKT/SPP baik secara penuh atau sebagian.
  3. Mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan di semester 3, 5, dan  7.

Persyaratan Berkas:

Unggah scan file gabungan dokumen pendukung saat pendaftaran daring dengan format PDF maksimal 5 MB disusun sesuai nomor:

  1. SCAN KTM
  2. Transkrip Nilai (screenshot dari portal mahasiswa)
  3. KRS/KHS Genap 2019/2020 (screenshot dari portal mahasiswa )
  4. Bukti Entri Mata Kuliah Gasal 2020/2021 (cetak dari portal mahasiswa tidak perlu di tandatangi)
  5. SCAN KTP
  6. SCAN Kartu Keluarga
  7. KIP, PKH, dan atau KKS (halaman sampul dan halaman identitas) *sangat direkomendasikan
  8. Surat pernyataan bermeterai bahwa ortu/wali/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi covid-19 pada semester gasal 2020/2021 dan wajib mencantumkan cp ortu/wali (format terlampir);
  9. Surat pernyataan bermeterai bahwa tidak sedang menerima beasiswa lain baik yang berasal dari APBN/APBD atau swasta yang telah membiayai UKT/SPP secara penuh/sebagian (format terlampir);
  10. Surat Keterangan Penghasilan Orangtua/Wali maksimal Rp 4.000.000,00 yang dikeluarkan oleh Instansi/Kelurahan setempat.

Catatan: Hanya Pendaftar yang memenuhi ketentuan peraturan dan persyaratan lengkap akan diproses seleksi calon penerima KIP-Kuliah Bantuan UKT/SPP tahun 2020

Bentuk Bantuan SPP Mahasiswa:

  1. Bantuan UKT/SPP mahasiswa adalah skema bantuan KIP Kuliah yang memberikan bantuan pembiayaan UKT/SPP dan diberikan kepada mahasiswa dengan kondisi keuangan yang terkena dampak pandemi covid-19 di tahun 2020;
  2. Bantuan UKT/SPP mahasiswa hanya diberikan untuk pembayaran UKT atau SPP 1 (satu) semester yaitu semester gasal tahun akademik 2020/2021;
  3. Bantuan UKT/SPP mahasiswa diberikan dalam bentuk pembayaran UKT /SPP at cost dengan besaran maksimal sebesar Rp 2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per mahasiswa yang didukung oleh dokumen yang valid
  4. Bantuan UKT/SPP mahasiswa disalurkan langsung ke rekening Universitas.

Pembatalan Penerima Bantuan UKT/SPP Mahasiswa

Jika setelah proses penetapan penerima Bantuan UKT/SPP mahasiswa dari perguruan tinggi ditemukan data yang tidak valid, maka Puslapdik Kemendikbud dapat melakukan pembatalan penetapan usulan penerima bagi mahasiswa bersangkutan.

Jadwal Pelaksanaan

No Tanggal Kegiatan
1 25 s.d. 30 Juli 2020 maksimal jam 23:59 WIB Pendaftaran daring dan unggah scan dokumen pendukung melalui laman bit.ly/BantuanUKTUMK2020
2 menyusul Pengumuman lolos seleksi administrasi
3 menyusul Verifikasi
4 menyusul Pengumuman Akhir
  • Keterangan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu dan jika terdapat perubahan akan diumumkan melalui laman ini.

Contact Person          : Bapak Sularno ( 08122569463), Edi (085865145585)

 

SURAT PERNYATAAN TERDAMPAK COVID-19

TEMPLATE SURAT PERNYATAAN TIDAK MENERIMA BEASISWA