Program Kreativitas Mahasiswa

Progream Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide kreatif dan inovatif mahasiswa yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. PKM memiliki tiga jenis kategori diantaranya kategori PKM 5 Bidang, kategori PKM KT (Karya Tulis) yang terdiri dari dua bidang PKM yaitu PKM-AI (Artikel Ilmiah) dan PKM-GT (Gagasan Tertulis), kategori yang terakhir PKM GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif).

Program Hibah Bina Desa

Program Hibah Bina Desa (PHBD) merupakan salah satu program hibah Kemenristekdikti yang ditujukan kepada organisasasi mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif mahasiswa terhadap masyarakat. program ini juga membantu desa binaan menjadi lebih mandiri dan lebih produktif sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Pengusul proposal PHBD yaitu mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma berbagai disiplin yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Lembaga Mahasiswa dan disetujui oleh Pemimpin Perguruan Tinggi.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan salah satu kompetisi yang diselenggarakan oleh KEMENRISTEKDIKTI. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan motivasi untuk berprestasi dikalangan mahasiswa serta meningkatkan akademik mahasiswa menjadi lebih baik. Dengan adanya peningkatan prestasi mahasiswa maka akan berpengaruh pada perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk dapat berprestasi.

Kontes Robot Indonesia

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika. KRI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan Kontes Robot Ini dimaksudkan  menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Robotika untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0. Setiap tahun, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selalu mengirimkan kelompok mahasiswa untuk mengikuti ajang kompetisi tersebut dengan harapan ikim akademik di antara mahasiswa untuk terus keep in touch dengan teknologi tetap terjaga.

Program KN-MIPA

Dalam rangka pengembangan kompetisi di era Revolusi Industri 4.0 menuju era society 5.0, dan Implementasi kebijakan Kampus Merdeka, bersama ini dengan hormat disampaikan bahwa Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Olimpiade Nasional MIPA (ON MIPA) atau pada tahun 2020 ini dirubah namanya menjadi Kompetisi Nasional MIPA (KN MIPA). KN MIPA terdiri dari empat bidang yaitu Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia.