Dewan Perwakilan Mahasiswa

Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPM) adalah organisasi kemahasiswaan yang berfungsi sebagai forum perwakilan mahasiswa di tingkat universitas. DPM memiliki tugas menyusun garis-garis besar program kegiatan mahasiswa ditingkat Universitas bersama-sama dengan BEMU sesuai dengan arah pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Visi Misi Universitas. DPM memiliki fungsi Aspirasi, Legislasi dan Pengawasan.

BEM Universitas

BEMU berfungsi sebagai organisasi pelaksana kegiatan pengembangan kemahasiswaan di tingkat universitas, terutama yang berkaitan dengan pengembangan penalaran dan keilmuan, pengembangan sikap kepemimpinan dan keterampilan manajemen organisasi, serta pengembangan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan arah pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Visi Misi Universitas.

 

UKM Resimen Mahasiswa

UKM ini adalah salah satu unit kegiatan Mahasiswa bermarkas di perguruan tinggi dan beranggotakan para mahasiswa yang berkedudukan di kampus. Juga termasuk kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri sebagai perwujudan Sistem dan Keamanan Rakyat. Syarat untuk menjadi anggota Menwa harus mengikuti prosedur berupa tes fisik dan mental ideologi serta berbagai bentuk pelatihan di dalam maupun di luar kampus.

 

UKM Mahasiswa Pecinta Alam

UKM ini menampung mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat pecinta alam dengan berbagai aktivitas olah raga alam seperti, panjat tebing, pendakian gunung, SAR dan sebagainya. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain mountenering, dayung, arung jeram, caving (penelusuran gua), SAR diskusi serta kegiatan-kegiatan lain.

UKM Racana Wira Shima

UKM ini merupakan merupakan suatu wadah bagi mahasiswa yang mempunyai minat dan kegemaran dalam bidang kepramukaan. Para Anggota Racana dididik dalam kepemimpinan, kebersamaan, kerjasama, kedisiplinan, tanggung jawab dengan mengikuti event seperti Raimuna dan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat.

UKM KSR UMK

KSR PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang bertumpu pada rasa kebersamaan dan kenetralan. UKM ini dibentuk untuk mewadahi mahasiswa yang tergerak untuk menolong sesama manusia dalam berbagai aktivitas seperti pengobatan gratis, aksi donor darah, serta aksi-aksi kemanusiaan lainnya.

 

UKM Koperasi Mahasiswa

UKM ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota yang professional, tangguh, berwawasan luas ikut membina dan mengembangkan gerakan koperasi dalam rangka pembangunan tatanan perekonomian nasional untuk mewujudkan demokrasi ekonomi.

 

UKM Forum Mahasiswa Islam

UKM ini merupakan unit kerohanian Islam yang memiliki misi menciptakan dan membina masyarakat kampus agar memiliki integritas pribadi yang utuh dalam beraqidah dan bersyariat Islam, tanpa meninggalkan kecendekiawanan, intelektualitas dan moralitas dalam masyarakat kampus. Kegiatan yang dilakukan antara lain berupa Mentoring Agama Islam untuk mahasiswa baru serta berbagai kajian keislaman lainnya.

UKM Persekutuan Mahasiswa Kristen Katholik

UKM ini merupakan salah satu organisasi kerohanian yang anggotanya adalah mahasiswa yang beragama Kristen dan Katholik. UKM ini ingin menjadikan para anggotanya agar menjadi “Garam dan Terang” yang memiliki arti adalah kita harus memiiliki peran serta yang berguna bagi masyarakat dari manapun itu agar bisa bergerak dan berdampak bagi semua orang (Garam), serta kita diharapkan mampu membawa cita dan kasih diantara setiap orang yang ada didalam masyarakat (Terang).

UKM Forum Ilmiah Mahasiswa

UKM ini merupakan wadah yang diikuti oleh pada mahasiswa yang berminat terhadap penelitian di berbagai bidang. UKM FIMA berupaya menjadi mediator dan fasilitator dalam pengembangan budaya penelitian di lingkungan mahasiswa serta melaksanakan kegiatan yang menunjang penelitian dan kajian-kajian yang mengarah pada pembangunan sumber daya mahasiswa.

UKM Jurnalistik

UKM ini merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam penyampaian berita, informasi, kejadian, atau acara kepada khalayak umum. Adapun informasi yang diberitakan merupakan kegiatan internal atau eksternal kampus, di mana menitikberatkan pada hal-hal yang berubungan dengan mahasiswa, baik secara langsung maupun tidak langsung.

UKM Debat

UKM ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan berbicara melalui aktivitas debat untuk berkompetisi. UKM Debat memiliki dua divisi yang bertanggung jawab atas cabang Debat Bahasa Indonesia dan cabang Debat Bahasa Inggris.

UKM Olahraga

UKM ini merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa sebagai wadah dari mahasiswa untuk menyalurkan bakat dibidang olahraga. Mahasiswa juga dapat mengembangkan bakat olahraganya. Selain itu mahasiswa akan mendapatkan ilmu keolahragaan karena UKM olahraga memiliki pelatih yang berpengalaman di bidangnya.

UKM Seni Kampus

UKM ini mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang kesenian. Bidang ini menyelenggarakan kegiatan kesenian seperti band, dance, teater dan seni drama, pop art dan kesenian lain yang sejenis. UKM Seni Kampus menyelenggarakan acara kesenian secara internal dan eksternal sebagai bentuk apresiasi seni dengan cara yang positif.

UKM Ning Nong

UKM ini dibentuk sebagai wadah serta naungan bagi mahasiswa untuk mengapresiasikan dan menyalurkan minat dan bakat khususnya di bidang olah vokal atau menyanyi. Di antara bentuk kegiatan kelompok ini adalah latihan rutin serta ikut dalam berbagai pentas serta event seperti Sapamaba, Wisuda dan pentas lainnya.

UKM Broadcasting

UKM ini merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dibidang broadcasting. UKM ini melatih mengembangkan bakat anggotanya di dunia siaran, mulai dari membuat script, menjadi penyiar hingga memproduksi karya didunia broadcasting