UMK Sukses Menjadi Tuan Rumah Pada Kontes Ilmiah Internasional I3O

UMK-Bidang Kemahasiswaan Universitas Muria Kudus (UMK) bekerjasama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) sukses selenggarakan acara kontes ilmiah internasional bernama Indonesia International IoT Olympiad (I3O). Acara tersebut diselenggarakan pada 21-23 Mei 2022 di Auditorium Universitas Muria Kudus. I3O merupakan kontes ilmiah berskala internasional yang bertujuan untuk mewadahi para peneliti muda untuk menunjukkan ide kreatif dan inovasinya.

Acara yang dilaksanakan secara hybrid (offline/online) tersebut telah diikuti oleh 172 tim, yang terdiri dari 158 tim online dan 14 tim offline. I3O diikuti oleh peserta dari 14 negara, yang meliputi Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, dan lain-lain.

I3O sukses diselenggarakan selama 3 hari, hari pertama yakni Opening Ceremony dan Seet Up Booth, hari kedua yakni expo dan penilaian, sementara hari ketiga adalah awarding and closing ceremony. UMK juga memanfaatkan event tersebut sebagai sarana unjuk karya mahasiswa UMK yang bekerja sama dengan Prodi Teknik Elektro dan Prodi Teknik Mesin.

UMK memberikan Apresiasi Grand Prize berupa Beasiswa kepada pemenang medali terpilih yang masih menduduki bangku SMA/SMK. Beasiswa yang diberi nama Beasiswa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur prestasi tersebut diberikan dalam bentuk pembebasan UKT selama 2 semester senilai Rp. 15.000.000,00 dan Rp. 20.000.000,00. Adapun pemenang Grand Prize yang berhasil mendapatkan beasiswa tersebut, yaitu SMAN 1 Kudus, SMA 2 Kudus, dan SMA Trensains Muhammadiyah Sragen.

Dengan adanya Acara ini diharapkan bukan hanya bermanfaat untuk branding UMK saja, melainkan mampu menjadi wadah pertemuan yang bermanfaat bagi peneliti muda dunia untuk saling bertukar informasi sekaligus dapat mengembangkan ide kreatifitas di bidang sains dan teknologi.